Berita kami

Modul Bimbel Unik Membuat Belajar Semakin Asik

09 February 2023 KKN UNDIP

(Boyolali, Januari 2023) - Mahasiswa KKN UNDIP melaksanakan program kerja bimbingan belajar di SDN 1 dan 2 Watugede, Desa Watugede, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali. Bimbingan belajar tersebut diikuti oleh siswa mulai dari kelas 1 sampai kelas 5 SD dan secara eksklusif diikuti oleh siswa kelas 6 SD yang sedang mempersiapkan diri untuk tryout. Pelaksanaan kegiatan bimbingan belajar ini dimulai pada pertengahan hingga akhir Januari, setiap hari Senin hingga Kamis.

Bimbingan belajar merupakan aktivitas belajar tambahan yang diberikan kepada anak-anak untuk menambah pengetahuan yang belum diajarkan di sekolah, dimana tujuan dari bimbingan belajar ini adalah agar meningkatkan motivasi belajar serta pengetahuan bagi anak-anak SD. Kegiatan bimbingan belajar ini berhasil mendapatkan respon antusias dan pastisipatif yang baik dari anak-anak SD.

“Belajar bersamanya seru, mudah paham, cara mengajarnya asik, sangat membantu untuk menghafal rumus,” ujar salah satu siswa kelas 4 SDN 1 Watugede.

Sementara itu, Berliana, salah satu siswi SD, mengaku merasa sangat terbantu dalam mempersiapkan diri untuk tryout dengan sistem bimbingan belajar, meskipun menggunakan media daring Whatsapp.

Mata pelajaran yang diberikan dalam bimbingan yaitu Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, IPA, Komputer, dan SBDP. Selain memberikan latihan soal yang disediakan dengan modul ajar dari sekolah, mahasiswa KKN juga membuat soal-soal sebagai kuis. Latar belakang keilmuan mahasiswa KKN yang beragam membuat berbagai mata pelajaran dapat ditangani.

Meski sempat mengalami kendala jarak dan keterbatasan sinyal serta keterbatasan waktu pelaksanaan, program KKN bimbingan belajar untuk siswa SD terbukti telah cukup membantu para siswa. Oleh karena itu, outputprogram ini diharapkan dapat membantu para siswa dalam belajar ketika masa pengabdian KKN UNDIP di Desa Watugede telah usai nantinya.

 

Penulis : KKN Tim 1 Watugede

BAGIKAN ARTIKEL INI