Berita kami

DIABETES?? GA BAHAYA TA!! MAHASISWA KKN UNDIP TIM II MELAKUKAN INOVASI PEMANFAATAN LIMBAH RAMBUT JAGUNG MENJADI SEDUHAN TEH SEHAT ANTI DIABETES

16 August 2023 KKN UNDIP

Diabetes Melitus atau biasa disebut DM merupakan salah satu ancaman utama bagi kesehatan umat manusia. Diabetes melitus tipe 2 merupakan salah satu masalah kesehatan global yang paling meningkat dalam beberapa tahun terakhir. Diabetes Melitus tipe 2 (T2DM) adalah kelainan metabolisme kronis yang ditandai dengan tingginya kadar glukosa dalam darah. Diabetes dapat memengaruhi berbagai organ sistem dalam tubuh dalam jangka waktu tertentu yang disebut komplikasi.

Berdasarkan hasil survei di Desa Genengsari, Kec. Kemusu, Kab. Boyolali jagung merupakan salah satu komuditas utama di desa tersebut, dan limbah seperti rambut jagung masih kurang pemanfaatannya. Ternyata rambut jagung merupakan salah satu limbah tanaman jagung yang kurang pemanfaatannya namun mengandung antioksidan (flavonoid) yang dipercaya dapat menurunkan kadar glukosa darah. Hal ini juga didukung dengan setelah membantu program rutin bulanan puskesmas di tiap tiap dusun Desa Genengsari masih banyak masyarakat yang melakukan check up gula darah dan hasilnya banyak yang menunjukkan hasil gula darah yang tinggi.

Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro 2022/2023, bernama Muhammad Aulia Fajar Kurniawan, program studi Biologi yang bertempat di Desa Genengsari, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali melaksanakan program monodisiplin berupa "inovasi pemanfaatan limbah tanaman jagung berupa rambut jagung menjadi seduhan teh anti diabetes"

Cara pembuatan seduhan teh rambut jagung ini cukup mudah, yang pertama adalah melakukan sortasi atau pemilahan rambut jagung yang terhindar dari kotoran dan kerusakan. Setelah itu dilanjutkan dengan proses pencucian rambut jagung kemudian jemur dibawah sinar matahari dengan estimasi waktu 2-3 hari.

Selanjutnya dilakukan penyerbukan guna menyama ratakan ukuran bisa menggunakan blender/pisau. Dan diteruskan dengan penyeduhan dengan air selama 5 menit dengan konsentrasi 1gram rambut jagung ditambahkan 10 ml air kemudian disaring.

Kegiatan penyuluhan berlangsung pada tanggal 3/08/2023 bertempat di balai desa Genengsari. Melihat respon yang sangat positif dari anggota ibu-ibu PKK Desa Genengsari, adanya keaktifan sesi tanya jawab, dan rasa seduhan teh yang sangat cocok dan banyak manfaatnya. Harapannya setelah dilakukan penyuluhan tentang pemanfaatan limbah rambut jagung menjadi seduhan teh sehat anti diabetes masyarakat Desa Genengsari dan sekitarnya mampu memanfaatkan limbah tersebut menjadi minuman sehat sehingga dapat menanggulangi kasus diabetes/gula darah yang tinggi. Sehingga kasus gula darah yang tinggi bisa teratasi akibat adanya inovasi seduhan teh sehat tersebut.

Penulis : Muhammad Aulia Fajar Kurniawan

DPL    : 1. Azaria Eda Pradana, S. A P., M. A. P.

            : 2. Dani Mohammad Ramadhan, S. Ant., M. Ant.

            : 3. Bagus Rahmanda, S. H., M. H

 

 

BAGIKAN ARTIKEL INI