Berita kami

Boyolali Perkuat Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat melalui Rintisan Desa Wisata

09 February 2023 KKN UNDIP

Desa wisata merupakan wilayah administratif suatu desa yang dikembangkan karena dianggap memiliki potensi dan keunikan tersendiri. Desa wisata merupakan satu kesatuan antara atraksi yaitu sesuatu yang dapat menjadi daya tarik tersendiri, aksesibilitas atau segala hal yang berkaitan dengan akses menuju desa wisata, serta amenitas atau sarana dan prasarana yang diperlukan sebagai fasilitas pendukung desa wisata. Pengembangan desa wisata mampu menghasilkan banyak perubahan terhadap desa tersebut, khususnya untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi maupun kehidupan masyarakat setempat.

Permasalahan utama pengembangan desa wisata di Desa Sarimulyo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali adalah kurangnya lahan yang memadai untuk membangun rintisan desa wisata, aksesibilitas menuju rintisan lokasi desa wisata yang masih memadai, kurangnya potensi dan daya tarik yang dapat dikembangkan dari desa tersebut, partisipasi pemerintah desa dalam pendanaan rintisan desa wisata yang kurang maksimal, serta kurangnya partisipasi masyarakat dalam melaksanakan kegiatan pembangunan rintisan desa wisata karena minimnya pengetahuan tentang tata cara perencanaan fasilitas pariwisata.

Sehingga, kami mahasiswa Tim 1 KKN UNDIP Tahun 2022/2023 Desa Sarimulyo melaksanakan program multidisiplin dengan judul “Pembuatan Siteplan Desa Wisata Puncak Patra Desa Sarimulyo”. Program ini dilaksanakan pada tanggal 05-01-2023. Proses pertama yang dilakukan sebelum pembuatan siteplan adalah melihat potensi apa saja yang dapat dikembangkan dari lokasi yang sudah ditentukan sebagai rintisan desa wisata. Hal ini melibatkan berbagai macam analisis, yang pertama ialah analisis topografi atau ketinggian, analisis ini dilakukan untuk mengukur ketinggian lokasi rintisan desa wisata yang terbilang cukup curam, sehingga analisis ini digunakan sebagai dasar untuk menentukan fungsi kawasan dan peletakan daerah yang akan dibangun. Kemudian dilakukan analisis view untuk mengetahui potensi apa saja yang dapat mendukung perancangan baik dari dalam maupun luar tapak dari berbagai arah pandang. Dan yang terakhir adalah analisis vegetasi yaitu untuk mengetahui seberapa besar sebaran berbagai macam spesies buah apa yang mampu dikembangkan menjadi wisata buah petik di kawasan tersebut.

Adapun tujuan dari pembangunan desa wisata ini untuk memperdayakan masyarakat Desa Sarimulyo serta meningkatkan peran masyarakat dalam pembangunan sektor wisata dan bisa meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masayarakat. Pembanagunan desa wisata ini diharapkan bisa memperkenalkan potensi desa kepada masyarakat luar.

Kami Mahasiswa KKN Tim 1 KKN UNDIP Tahun 2022/2023 desa Sarimulyo sangat berterimakasih kepada masyarakat desa sarimulyo serta kami berharap program kerja yang kami laksanakan dapat bermanfaat untuk masyarakat terutama kepada pengurus rintisan desa wisata.

 

Penulis: KKN TIM 1 UNDIP DESA SARIMULYO, KECAMATAN KEMUSU

BAGIKAN ARTIKEL INI