Berita kami

Mahasiswa KKN TIM 2 Universitas Diponegoro Menghadirkan Media Permainan Tema Papan Literasi Untuk Anak SDN 1 Ngrakum Desa Kedungrejo

12 August 2023 KKN UNDIP

Oleh : Indah Nofitasari

Boyolali, 21 Juli 2023

Desa Kedungrejo, 21 Juli 2023 – Dalam upaya untuk meningkatkan minat baca dan pemahaman literasi di kalangan anak-anak sekolah dasar, mahasiswa KKN TIM 2 dari Universitas Diponegoro telah meluncurkan sebuah program inovatif di SDN 1 Ngrakum. Program ini menghadirkan media permainan tema papan literasi yang dirancang khusus untuk anak-anak kelas 1, 2, dan 3.

Sejak tanggal 10 Juli 2023, tim mahasiswa KKN telah melakukan survey di SDN 1 Ngrakum guna mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan dalam pendidikan literasi. Survey ini merupakan langkah awal yang penting untuk memahami karakteristik sekolah dan anak-anak yang menjadi sasaran program.

Pada tanggal 21 Juli 2023, antusiasme dan ekspektasi tinggi menghiasi SDN 1 Ngrakum saat tim mahasiswa KKN TIM 2 Universitas Diponegoro akhirnya menghadirkan program permainan tema papan literasi. Program ini secara khusus ditujukan untuk kelas 1, 2, dan 3, mengingat pentingnya membangun dasar literasi sejak dini.

Tim mahasiswa telah merancang media permainan papan literasi dengan tema-tema menarik yang menggabungkan aspek pendidikan dan hiburan. Papan literasi ini tidak hanya berisi pertanyaan-pertanyaan yang menantang, tetapi juga gambar-gambar dan elemen visual yang mendorong minat anak-anak untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Kegiatan ini diawasi oleh guru-guru SDN 1 Ngrakum yang tampak sangat mendukung dan bersemangat. Mereka memahami pentingnya pendekatan inovatif dalam pendidikan dan melihat bahwa media permainan tema papan literasi ini bisa menjadi alat yang efektif dalam mengajak anak-anak untuk belajar dengan cara yang menyenangkan.

Tidak kalah antusiasnya, para murid kelas 1, 2, dan 3 terlihat sangat antusias mengikuti program ini. Mereka dengan senang hati bergerak dari satu papan literasi ke papan lainnya, dengan cermat membaca pertanyaan-pertanyaan dan merenungkan jawaban. Program ini telah membawa semangat baru dalam pembelajaran literasi, menjadikan proses belajar yang sebelumnya mungkin terasa monoton menjadi menarik dan interaktif.

Melalui kolaborasi positif antara mahasiswa KKN, guru, dan murid, program permainan tema papan literasi di SDN 1 Ngrakum telah menjadi bukti bahwa pendidikan yang inovatif dapat merubah paradigma belajar anak-anak. Diharapkan bahwa semangat ini akan terus berlanjut dan menjadi pijakan untuk mengembangkan metode-metode pendidikan lebih lanjut yang dapat mendorong minat baca dan literasi di kalangan anak-anak.

Inisiatif mahasiswa KKN TIM 2 Universitas Diponegoro ini membuktikan bahwa pendidikan dapat ditingkatkan melalui pendekatan kreatif dan inovatif. Program media permainan tema papan literasi yang dihadirkan di SDN 1 Ngrakum merupakan langkah awal yang sangat positif dalam mengembangkan minat baca dan literasi anak-anak usia sekolah dasar. Dengan dukungan yang kuat dari guru dan antusiasme yang terpancar dari para murid, program ini memiliki potensi untuk menginspirasi perubahan positif dalam dunia pendidikan.

 

Penulis : Indah Nofitasari

Dosen Pembimbing Lapangan : Azaria Eda Pradana, S.A.P.,M.A.P.

Lokasi KKN : Desa Kedungrejo, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali

BAGIKAN ARTIKEL INI