Berita kami

KENALI TUBUHKU UNTUK MENJAGA DIRIKU!! MAHASISWA KKN TIM II UNDIP BERIKAN EDUKASI SEKSUAL MELALUI POP UP BOOK

14 August 2023 KKN UNDIP

Bawu, Kemusu (01/08/23) – Mahasiswa KKN Tim II Undip melaksanakan program multidisiplin Edukasi Seksual melalui Pop Up Book kepada Siswa-Siswi SDN 02 Bawu, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali

Pada era digital saat ini kasus kejahatan seksual marak terjadi di Indonesia. Meningkatnya kasus penyimpangan seksual diera digital menjadi ancaman bagi generasi muda, terutama anak-anak yang masih minim pengetahuan tentang seksual. Selain itu banyaknya orang tua yang masih menganggap tabu pembahasan mengenai pendidikan seksual bagi anaknya, sehingga mengakibatkan kurangnya pengetahuan dan kesadaran anak dalam menjaga dan merawat dirinya. Pendidikan seksual pada anak usia dini telah menjadi topik yang semakin penting dalam masyarakat modern. Mengajarkan informasi yang tepat tentang tubuh, perasaan, dan hubungan kepada anak-anak pada usia dini memiliki dampak jangka panjang yang signifikan terhadap pemahaman mereka tentang seksualitas, hubungan interpersonal, dan pentingnya menghormati diri sendiri serta orang lain.

Hal tersebut, mendorong mahasiswa KKN Tim II Undip untuk melakukan edukasi seks terhadap siswa dan siswi SDN 02 Bawu. Pemberian edukasi seksual dengan materi pengenalan dasar alat reproduksi, cara menjaga kebersihan alat reproduksi, serta games mengenai batasan bagian tubuh mana sajakah yang tidak boleh disentuh oleh orang lain. Materi ini disampaikan dengan metode ceramah singkat yang kemudian akan dilakukan edukasi melalui media selain ceramah, yaitu dengan pop up book menarik, sehingga anak-anak tertarik untuk membaca dan sebagai luaran dari program yang dilakukan. Tujuan dari diberikannya program edukasi seksual pada usia dini yaitu untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran siswa-siswi, meningkatkan kewaspadaan, serta kemandirian siswa dalam menjaga  kesehatan reproduksi sejak dini.

Kegiatan edukasi ini diadakan di SDN 02 Bawu, pada hari Selasa 01 Agustus 2023 pukul 09.00. Edukasi yang dilakukan dihadiri oleh siswa dan siswi SDN 02 Bawu serta didampingi oleh para guru. Metode yang digunakan pada kegiatan ini dengan presentasi secara lisan dengan media pop up book. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan siswa-siswi turut antusias mendengarkan dan mengikuti games yang telah dibuat.

 

Penulis : Mahasiswa KKN Tim II UNDIP Desa Bawu 2022/2023

DPL     : Bagus Rahmanda, S.H., M.H.

BAGIKAN ARTIKEL INI