Berita kami

INOVATIF! MAHASISWA KKN UNDIP CIPTAKAN TEMPAT MINUM OTOMATIS (TMO) UNTUK BURUNG PUYUH

14 August 2023 KKN UNDIP

Boyolali (31/07/2023) Mahasiswa KKN Reguler Tim II Undip 2023 Tim Desa Bawu, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali melaksanakan program multidisiplin berjudul “Optimalisasi Alat Pemberi Minum Ternak Puyuh Berbasis IoT Guna Memaksimalkan Hasil Ternak Telur” di Desa Bawu, pada hari Senin.

Kemajuan teknologi yang berkembang pesat menyebabkan perubahan dalam bidang teknologi. Salah satu akibat dari pesatnya teknologi maju saat ini adalah Internet of Things (IoT).

IoT ialah sebuah konsep mengenai perangkat yang dilengkapi dengan sensor, sistem atau teknologi lainnya yang saling terhubung dan bertukar data dengan perangkat lain melalui jaringan internet.

Adanya kemajuan teknologi sangat berdampak besar bagi proses produksi, semakin tinggi kualitas teknologi yang digunakan maka semakin cepat produksi dalam sebuah industri, khususnya sektor peternakan.

Ternak puyuh merupakan salah satu sektor peternakan yang berkembang pesat, terutama dalam produksi telur. Kualitas dan kuantitas telur yang dihasilkan sangat penting untuk memenuhi permintaan pasar yang terus meningkat. Salah satu faktor yang mempengaruhi hasil ternak telur puyuh adalah sistem pemberian air minum yang efektif dan efisien.

Salah satu inovasi yang diterapkan dalam program kerja multidisiplin mahasiswa KKN Tim II Undip, Desa Bawu, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali yaitu pembuatan alat Tempat Minum Otomatis (TMO) Berbasis IoT pada peternakan burung puyuh Ibu Syafitri.

Tujuan diadakannya program kerja ini adalah untuk mengembangkan sistem pemberian air minum yang otomatis, terintegraasi dengan Internet of Things (IoT) sehingga dapat menjadi solusi yang efektif untuk memaksimalkan hasil ternak burung puyuh yaitu telur puyuh.

Kegiatan awal dilakukan pada minggu pertama dengan melakukan survei dan pencarian masalah di bidang ternak burung puyuh milik Ibu Syafitri, kemudian pada minggu kedua dilakukan pengumpulan alat dan perangkat berupa sensor, kabel, pompa air, selang air, dan komponen tambahan yakni mur/baut.

Pembuatan alat dilakukan dengan manual dengan menggabungkan seluruh komponen, setelah seluruh komponen dirakit kemudian diintegrasikan melalui bantuan aplikasi agar dapat digunakan dengan mudah dan efisien.

Kegiatan dilanjutkan dengan finalisasi yaitu pemberian alat Tempat Minum Otomatis (TMO) kepada ternak burung puyuh milik Ibu Syafitri pada hari Kamis (10/08/2023).

 

BAGIKAN ARTIKEL INI