Berita kami

Cegah Masyarakat Buang Sampah Sembarangan, Mahasiswa KKN Undip Usulkan Masterplan Pengelolaan Sampah Desa Genengsari

14 August 2023 KKN UNDIP

Genengsari, Kecamatan Kemusu, Kabupaten Boyolali (08/08/2023) Sebuah desa sudah seharusnya memiliki cara pengelolaan sampah yang baik. Akan tetapi, Desa Genengsari belum memiliki struktur serta alur pengelolaan sampah yang baik dan benar. Lebih banyak sampah di desa ini langsung dibakar begitu saja tanpa di pilah terlebih dahulu. Oleh karena itu, Mahasiswa Tim II KKN Undip membuat masterplan dan modul pengelolaan sampah untuk Desa Genengsari agar nantinya dapat membantu perangkat desa untuk membentuk dan menjalankan struktur alur pengelolaan sampah yang baik dan benar.

Pemaparan Masterplan Pengelolaan Sampah dilakukan pada hari Selasa, 8 Agustus 2023 di Balai Desa Genengsari oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip kepada Perangkat Desa. Dalam pemaparan ini, dijelaskan mengenai alur dan struktur seperti sampah apa saja yang harus dipilah, alur pembuangan sampah, rekomendasi lokasi TPS desa, divisi-divisi yang berperan dalam pengelolaan sampah desa dan lembaga-lembaga apa saja yang berkepentingan dalam pengelolaan sampah desa.

Dilanjutkan dengan penyerahan Modul Pengelolaan Sampah yang telah disusun sedemikian rupa oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip kepada Perangkat Desa. Modul ini berisikan mengenai sumber sampah, jenis-jenis sampah, lembaga pengelolaan sampah desa, penampungan sampah, proses pembuangan akhir, penerapan 4R, peran struktur dalam pengelolaan sampah, dan ketentuan pembangunan TPS untuk desa.

Pihak pemerintah desa menerima dengan baik masterplan dan modul pengelolaan sampah yang telah dibuat oleh Mahasiswa KKN. Perangkat desa juga menyampaikan rasa terimakasihnya serta akan mencoba untuk melaksanakan rencana pengelolaan sampah ini untuk Desa Genengsari yang lebih baik di kemudian hari.

 

BAGIKAN ARTIKEL INI